Internet Sehat

Internet merupakan media dimana informasi datang dan berganti dengan cepat. Banyak yang bisa didapatkan lewat media ini seperti pengetahuan, berita, hiburan, pertemanan, dan lainnya. Maka dari itu, internet kini sudah menjadi kebutuhan dan bukan lagi sebagai gaya hidup di era modern ini. Akan tetapi, bukan berarti wadah informasi ini aman-aman saja. Internet justru sarat akan konten-konten yang tidak baik dan kurang pantas dapat diakses dengan mudahnya. Mengingat kasus yang terjadi belakangan ini, kejahatan melalui internet pun semakin gencar.

 

Dan hal inilah yang menjadi alasan adanya Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang konten multimedia yang disusun oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, dengan maksud agar konten yang tampil diinternet tidak disalahgunakan. Akan tetapi, kebebasan berekspresi menjadi alasan utama yang memicu protes dari kalangan komunitas internet. Maka dari itu RPM konten ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat.

 

Namun ditengah maraknya pro-kontra ini, pemerintah juga melakukan dukungan terhadap kampanye internet sehat. Bahkan, Asosiasi Warung Internet Indonesia (Awari) menghadirkan DNS Nawala, sebuah OpenDNS yang bisa digunakan untuk memfilter konten internet yang akan diakses oleh pengguna. Awari juga memberikan layanan DNS Nawala ini dengan cuma-cuma dan tanpa instalasi. DNS Nawala yang diluncurkan sejak November 2009 dipercaya akan membantu pengguna memblokir situs-situs dengan konten yang tidak pantas. Dengan konsep keterlibatan komunitas, Awari akan menerima laporan dari pengguna DNS Nawala tentang situs yang berisi konten tidak pantas, kemudian diblok agar situs tersebut tidak dapat dibuka.

 

Sistem yang digunakan DNS Nawala ini adalah sumber daya open source. Selain menyaring situs yang berkonten tidak pantas,  DNS Nawala memiliki kemampuan tambahan seperti local resolver, anti-phising site yang akan terus menerus dikembangan untuk menghasilkan kinerja dan keamanaan dengan baik. Nawala Project juga aktif mengupayakan kerjasama dengan pihak sumber daya domain name lokal maupun internasional dan pihak pengelolaan data agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

 

Apabila Anda berminat menggunakan DNS Nawala untuk memfilter internet Anda, caranya sangat mudah. Buka setting DNS di komputer anda, lalu Anda tinggal memasukkan nomor DNS Nawala ke dalam kolom yang tersedia. Nomor yang harus dimasukkan adalah 180.131.144.144 (primary) dan180.131.145.145 (secondary). Namun jika bingung, Anda bisa mengunduh buku petunjuknya di situs http://awari.or.id untuk mempermudah instalasi. Dan sistem ini bisa berlaku pada sistem operasi baik Windows, Linux, ADSL/DSL Modem, dan Apple Mac. [Syarifah Sahnath Assiry]
Indonesia ‘Bersih’ Konten Negatif Internet
Insan Goes To Campus: Ajak Siswa Berinternet Sehat dan Aman
Internet Sehat Jangan Hanya Jadi Jargon
Internet Sehat Perlu Sokongan Teknologi
Internet Sehat, Lanjutkan..!

Nah… karena ini judulnya internet sehat jadi ada tips juga nih… utuk internet yang sehat dan amann,,

1. Pasang aplikasi pencegah konten yang tidak dikehendaki (anti virus, anti malware, anti spyware, anti spam, anti adware, dll) di komputer.

 

2. jangan merespon e-mail dari pengirim yang tidak dikenal (spam) dan jangan membuka link yang diberikannya.

 

3. Batasi pemberian informasi yang bersifat pribadi (seperti alamat, nomor telepon, data orangtua, dll) melalui internet, baik di akun pribadi atau kepada teman chating.

 

4. Batasi pemasangan foto atau video pribadi di internet, pastikan foto atau video yang dipasang tidak akan merugikan diri sendiri atau orang lain.

 

5. Segala sesuatu yang bersifat pribadi lebih baik tidak dipublikasikan di halaman yang bisa di akses umum. Beri porsi komentar yang sewajarnya. Ingat pada siapa kita berkomentar, pada teman, guru, dosen atau orangtua.

 

6. Jangan terpancing untuk menambah teman sebanyak-banyaknya, di situs pertemanan, dengan cepat dan tidak melakukan penyaringan.

 

7. Tidak semua informasi yang beredar di internet adalah benar. Lakukan pengecekan ulang dan kenali sumber informasi tersebut.

 

8. Kenali pengguna yang berpotensi melakukan tindakan asusila, putuskan kontak dengan segera.

 

9. Jika akan bertemu dengan teman chat, selalu memilih lokasi di tempat umum, mengajak teman, serta menginformasikan rencana tersebut pada orang rumah.

 

10. jangan mengakses konten ilegal, seperti pornografi, perjudian, rasisme, pelecehan SARA, dll.

 

Sumber: http://insan.or.id

One thought on “Internet Sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s