All About Internet

MENGENAL INTERNET

1. Pengertian Internet

Internet yang berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.

Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file,membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

2. Dasar-dasar system jaringan Internet

  • Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

  • Metropolitan Area Network ( MAN )

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

  •  Wide Area Network ( WAN )

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

3. Ukuran kecepatan akses internet

Kecepatan akses akan sangat bergantung pada teknologi jaringan di sekitar jarak dan jarak / kondisi lingkungan saat koneksi internet dilakukan.

  • Dial-Up

Jaringan telepon sudah merambah makin luas, sehingga kita dapat mengoneksikan komputer dengan internet. Cara menghubungkan komputer ke internet menggunakan kabel telepon sering disebut Dial – Up. Dial-Up melalui jalur PSTN(Public Switched Telephone Network) akan menghubungkan kita ke ISP Telkom . Koneksi ke Dial-Up ini umumnya digunakan pribadi-pribadi yang ingin menghubungkan internet dari rumah. Komputer yang digunakan biasanya komputer tunggal. Kecepatan akses internet menggunakan Dial-Up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 Kbps.

  • DSL

Asymetric Digital Subcriber Line adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi 34 kHz – 1.104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem dan ADSL dengan modem konvensional yang bekerja pada frekuensi kurang dari 4 kHz . Keunggulan ADSL yaitu memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara / faxsecara simultan.

  • GPRS

GPRS(General Packet Radio Service), adalah komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile).Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, meskipun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai 56 kbps – 115 kbps

  • 3G

3G adalah third generation technology yang mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel. 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses : Sebesar 144 kbps untuk kondisi gerak cepat Sebesar 384 kbps untuk kondisi berjalan Sebesar 2 Mbps untuk kondisi static di suatu tempat.

  • HSPA

High Speed Packet Acsess merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama Release 99 (R99) sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi R99. Terkait jaringan CDMA, HSPA dapat disamakan dengan Ev-Do.

  • Wirles LAN

Teknologi Wireless LAN bekerja dengan menggunakan gelombang radio . Awalnya teknologi ini didesain untuk aplikasi perkantoran dalam ruangan. Namun , sekarang Wireless LAN dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point di luar ruangan maupun point to multipoint pada aplikasi bridge. Wireless LAN didesain sangat modular dan fleksibel. Jaringan ini juga bisa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda, dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel.

  • Broadband

Teknologi internet Broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband sampai sekitar 128 kbps atau lebih. Jaringan Broadband dapat digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari pelajar, pehobi game, sampai dengan kantor – kantor kecil dan kantor cabang yang ingin memiliki koneksi dengan kantor pusatnya yang mrmiliki kecepatan yang cukup tinggi.

PERANGKAT KERAS DAN METODE AKSES INTERNET

a. Perangkat keras untuk mengakses internet

  • Perangkat Keras Utama

1. Komputer


Spesifikasi minimal untuk PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa diguakan untuk mengakses internet adalah :
– Processor Pentium III 500 Mhz
– Ram 64 MB
– VGA Card 4 MB
– Sound Card dan Speaker
– CD ROM
– Harddisk 10 GB
– Monitor CRT SVGA

2. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”.

3. Saluran Telepon

Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

  • Perangkat Keras Pendukung

1. Hub / Switch

Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan.

Switch jaringan adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan .

Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.

2. Repeater

Repeater adalah Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .
3. Bridge


Adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.

4. Router


Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch.

b. Metode Koneksi Internet

  • Koneksi Dial-Up

Koneksi Dial-Up merupakan metode koneksi paling dasr dan cocok untuk pelanggan rumah, biasanay menggunakan line telepon standar dihubungkan ke sebuah device modem. Modem ini mentranlasi sinyal-sinyal telepn analog ke sinyal-sinyal digital.Perangkatnay dapat beruap card-card PC internal ataupun eksternal.kecepatan download atau tranmisi informasi bervariasi,standaranya adalah 56kbps(untuk download)33.6kbps(untuk upload).

  • Koneksi Permanen

1. Leased line

Koneksi line telepon yang berjalan permanent 24-jam/hari untuk memberikan akses konstan ke Internet. Di kenal denagn dedicated line.Untuk kapasitas bandwith luas dan beragam, mulia 64kbps samapai xMbps.

  • ADSL

ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line) adalah teknologi koneksi broadband yang menggunakan line telepon normal. Ide utama tenologi ini untuk ‘mencacah’ sinyal line telepon menjadi dua bagian: unutk suara dan data. Teknologi ADSL mampu bekerja pada kecepatan download hingga 8Mbps.

  • Cable TV

Semula dikenal dengan Community Antena Television (CATV). Sutau layanan koneksi intenet melalui jaringan cable TV, kecepatan domnload hingga 10Mbps dan kecepatan upload 2Mbps/10 Mbps.

  • Fixed wireless dan Satellite access

Teknologi Fixed wireless tergolong komunikasi point-to-point meleui media udara di antara device-devide tak bergerak (stationary).Lyanana ini sedikit lebihmahal disbanding ADSL dan cable TV, namun mampu menjangkau area remote yang luas yang sulit diwujudkan melalui tenologi line telepon normal.

  • Intenet Servis Provider (ISP)

Adalah perusahaan (dapat berupa communication-carrier) yang menawarkan layanan akses Internet untuk para pelanggan , baik individual tau organisasi/perusahaan.

c. Memilih sambungan internet

  1. DSL – Digital Subscriber Line. DSL adalah salah satu bentuk yang paling umum dari alternatif koneksi internet. DSL menyediakan jaringan berkecepatan tinggi melalui saluran telepon biasa dengan menggunakan modem digital. Berbagi koneksi DSL dapat dengan mudah dicapai dengan router broadband baik kabel atau nirkabel. Di beberapa negara, layanan DSL juga dikenal sebagai ADSL, ADSL2 atau ADSL2 +. Tentang DSL
  2. Jaringan Kabel – Internet Modem. Seperti DSL, modem kabel adalah bentuk koneksi internet terbaik jenis broadband. Internet kabel menggunakan saluran area televisi kabel, saluran telepon, tetapi router broadband yang sama yang berbagi koneksi internet DSL juga bekerja dengan kabel. Internet kabel secara konstan lebih populer dari DSL di Amerika Serikat, tetapi di banyak negara lain adalah sebaliknya.
  3. Dial Up Internet. Setelah standar dunia untuk koneksi jaringan internet, dial up secara perlahan digantikan dengan pilihan internet kecepatan tinggi. Dial up menggunakan saluran telepon biasa tetapi, tidak seperti DSL, koneksi dial up mengambil alih peran kabel. Sebagian besar jaringan rumah menggunakan solusi Internet Connection Sharing (ICS) untuk dial up internet. Dial up router sulit ditemukan, mahal, dan umumnya tidak maksimal dan lambat.
  4. ISDN – Integrated Services Digital Network. Pada 1990-an, Internet ISDN melayani banyak pelanggan DSL karena layanan DSL sebelum tersedia secara luas. ISDN bekerja melalui saluran telepon dan seperti DSL, mendukung suara simultan dan lalu lintas data. Selain itu, ISDN menyediakan 2 sampai 3 kali kinerja koneksi dial up.Jaringan komputer rumah dengan ISDN bekerja mirip dengan jaringan dial up.
  5. Internet Satelit. Usaha seperti Starband, Direcway dan Wildblue menawarkan layanan Internet satelit. Dengan hidangan mini eksterior-mount dan modem digital eksklusif di dalam rumah, koneksi internet dapat dibentuk melalui link satelit, ini mirip dengan layanan televisi satelit.
    namun Internet satelit dapat sangat mengganggu jaringan. Modem satelit tidak bekerja dengan router broadband, dan beberapa layanan online seperti VPN dan game online tidak dapat berfungsi melalui koneksi satelit.
  6. BPL – Broadband Power Line. BPL mendukung koneksi Internet melalui jaringan listrik perumahan. Teknologi di balik power line BPL bekerja secara analog untuk saluran telepon DSL, menggunakan ruang sinyal yang tidak terpakai pada kabel untuk mengirimkan lalu lintas Internet. Namun, BPL adalah metode yang kontroversial untuk Internet koneksi. Sinyal BPL menghasilkan gangguan signifikan di sekitar saluran listrik, mempengaruhi transmisi radio lainnya.

CARA MEMPEROLEH SAMBUNGAN INTERNET

a. cara mengakses internet dengan modem external

Untuk mengakses Internet wireless via GPRS-CDMA dengan modem external kita harus melakukan 2 hal:

– Membuat Setting Modem di Komputer.
– Membuat Koneksi Dial-Up.

Cara Membuat Setting Modem di Komputer :

a. Klik start – setting – control panel – phone and modem option – modem –               pilih add
b. Checklist Don’t detect my modem, I will select it from list, klik next
c. Pilih nama modem yang telah di install sebelumnya, next
d. Pilih Comm Port sesuai yang terinstall tadi, lalu pilih next – finish
e. Klik kanan di nama modem anda, pilih properties, advanced, masukkan
AT+CGDCONT=1,”APN operator”.

Membuat Koneksi Dial-Up :

a. Masuk ke start – setting – control panel – network connection
b. Create a new connection, next
c. Connect to the internet, next
d. Setup my connetion manually, next
e. Connect using dial-up modem, next
f.  Isi ISP terserah anda ( contoh satelindo gprs ) lalu next
g. Isi phone number dengan *99***1#
h. Isi user name dan password sesuai kartu anda detailnya sebagai berikut:

• Mentari / Satelindo -> User name: indosat@durasi, Password: indosat@durasi,  APN: indosatgprs.
• Telkomsel              -> User name : wap, Passwore : wap123, APN: internet.
• XL                         -> Username : xlgprs, password : proxl.
• 3 / Tri                    -> Username : 3gprs, password : 3gprs, APN: 3gprs atau                             username : 3data, password : 3data, APN: 3data.
• Axis                       -> Username : Axis, Password : 123456.

b. Pengaturan modem pada windows 8

1. Masukkan modem sobat, tunggu hingga muncul CD drivernya. Jangan sekali  – kali menjalankan autorun, jika muncul di close saja.
2. Kemudian cari file setup.exe di CD driver sobat. Karena saya menggunakan Huawei dengan driver Mobile Partner maka file setupnya ada di folder Mobile Partner di CD Driver
3. Klik kanan setup.exe kemudian pilih properties
4. Setting seperti gambar dibawah ini yang saya kasih warna merah
Cara Install Modem di Windows 8

5. Setelah itu tinggal klik 2 kali pada setup.exe, nah setelah ini tinggal di next, next next saja kaya biasanya install software windows biasanya.
6. Tunggu hingga instalasi selesai dan konekkan seperti biasanya

Cara Install Modem di Windows 8
Cara Install Modem di Windows 8
Cara Install Modem di Windows 8

7. Selemat berinternet

c. Internet, Intranet, dan Ethernet

1. Pengertian internet

2. Pengertian Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP), untuk membagi informasi perusahaan atau lembaga kepada karyawannya.Intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situsweb internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun internet, yakni protokol internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), clien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang biasa digunakan.

Intranet memliiki definisi yang lain yaitu jaringan computer dengan layanan seperti internet tetapi memliki status local. Intranet juga disebut sebagai LAN (Lokal Area Network) manfaat adanya jaringan intranet diantaranya  akses menjadi lebih cepat, dapat melakukan tukar data, komunikasi menjadi lebih lancar,dan mendukung perwujudan penyelesaian pekerjaan tanpa kertas (paperless).Sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versipribadi dari jaringan internet“, atau sebagai sebuah versi dariinternet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Jadi, jaringan intranet digunakan oleh sebuah organisasiatau lembaga pendidikan yang membutuhkan jaringan lokal untuk penyampaian informasi. Jaringan ini lebih kecil dibandingkan jaringanekstranet dan internet.

3. Pengertian Ethernet

Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Ekstranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun ekstranet dapat bertukar data ber-volume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan lembaga lain. Jadi, ekstranet merupakan perluasan dari jaringan intranet yang biasanya menghubungkan jaringan satu jaringan lokal dengan jaringan lokal lainnya. Ekstranetmemiliki security yang lebih aman dibandingakan dengan internet.

One thought on “All About Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s