Mengapa Saling Menguatkan dalam Organisasi Penting?

Organisasi (Yunaniὄργανονorganon – alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.”(Wikipedia)

Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui apa itu organisasi terlebih dahulu. Terdapat beberapa definisi yang di berikan para ahli tentang organisasi sendiri. Berikut beberapa pendapat para ahili:

  1. Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang /sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
  2. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”
  3. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama – sama mencapai tujuan tertentu.

Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpuklan bahwa dalam satu organiasi perlu adanya kesamaan visi dan misi serta koordinasi yang harus terjalin terus menerus dengan baik antar para anggota maupun dengan pimpinan organisasi. Sementara dalam berorganisasi sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Dalam sebuah organisasi harus memiliki pimpinan dan bawahan
  2. Perlu adanya kerja sama dan koordinasi yang baik antara setiap elemen yang ada dalam organisasi tersebut
  3. Memiliki Visi dan Misi yang menjadi tujuan dari organisasi
  4. Adanya pembagian tugas dengan baik pada para anggotanya
  5. Memahami mekanisme proses pelaporan dari anggota paling bawah sampai kepada pimpinan yang paling atas. Dengan kata lain, anggota paling bawah tidak diperkenankan memberikan laporan langsung kepada peminpin organsiasi paling atas tetapi wajib melalui kepala bagian (koordinator) masing-masing bidang.

Dari penjabaran diatas, dapat kita lihat bahwa salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kerja sama dan koordinasi yang baik antara setiap elemen yang ada dalam organisasi. Dalam berkoordinasi tentu terdapat beberapa hal yang amat penting. Secara umum, koordinasi merupakan tali pengikat dalam organisasi dan manajemen yang menghubungkan peran para aktor dalam organisasi dan manajemen untuk mencapai tujuan organisasi dan manajemen. Dengan kata lain, adanya koordinasi dapat menjamin pergerakan aktor organisasi ke arah tujuan bersama. Tanpa adanya koordinasi, semua pihak dalam organisasi dan manajemen akan bergerak sesuai dengan kepentingannya namun terlepas dari peran aktor lainnya dalam organisasi dan peran masing-masing aktor tersebut belum tentu untuk mencapai tujuan bersama.

Namun, koordinasi yang dapat menjadi tali pengikat dalam orgnasisasi bukanlah koordinasi saja melainkan koordinasi yang bisa saling menguatkan satu sama lain. Sebuah koordinasi yang membangun dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa memiliki antar elemen organisasi. Hal ini bisa jadi penguat dalam suatu orgnasisasi. Dan bisa kita simpulkan bahwa koordinasi bisa menjadi salah satu cara untuk saling menguatkan dalam organisasi.

Lalu pertanyaanya adalah mengapa saling menguatkan itu penting? Salah satunya adalah agar tujuan dari organisasi tercapai. Kamu gak akan bisa mengerti tujuan organisasi tanpa berkomunikasi, dan kamu gak akan bisa mencapai tujuan dari organisasi tanpa adanya motivasi didalam orgnasisasi itu dan motivasi didapatkan dari hubungan yang saling menguatkan. Nah dengan adanya hubungan yang saling menguatkan, ini bisa menjadi salah satu dorongan yang positif bagi elemen yang terdapat didalam organisasi dan juga bisa menjadi pembakar semangat antar elemen didalam orgnasisasi untuk mencapai tujuan yang ada. Ini tidak hanya berlaku untuk pemimpin dari organisasi saja, tapi juga berlaku untuk semua elemen dalam organisasi.

Gimana caranya? Nah di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membangun hubungan yang saling menguatkan dalam orgnasisasi.

1. Menyamakan presepsi

Setiap pihak yang terlibat haruslah memiliki kesamaan persepsi mengenai tujuan yang akan dicapai. Dengan demikian, walaupun memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda, setiap pihak menyadari bahwa semua itu adalah dalam rangka saling melengkapi dan mendukung untuk mencapai tujuan yang sama. Misalnya kamu yang terlibat dalam suatu social project atau komunitas sosial pasti sering menemukan volunteer yang tujuannya berbeda-beda ketika bergabung.

Ada yang benar-benar ingin belajar dan berkomitmen, ada yang muncul sesekali hanya untuk mendapatkan sertifikat, bahkan ada yang hanya muncul sekali dan setelah itu hilang bagai ditelan bumi. Hal ini bisa disebabkan persepsi kamu tidak sampai secara utuh kepada mereka, sehingga motivasi kuat kamu tidak menyentuh mereka dalam mencapai tujuan organisasi ataupun kegiatan.

2. Sikap terbuka dan saling menghargai

Jangan pernah berpikir karena kamu itu pemimpin, maka kamu bisa memperlakukan semua anggota tim seenaknya. Ada saatnya satu pihak harus menerima pegaturan dari pihak lain, namun tetap harus dengan sikap menghargai. Gak sedikit orang-orang yang keluar dari organisasi dikarenakan para pemimpin yang gak bisa menghargai anggotanya dengan baik. Nah, di samping itu, ada kala ketika pemimpin harus memberikan pengaturan yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan anggotanya. Di situlah diperlukan sikap saling terbuka. Sikap saling terbuka ini diperlukan untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin nantinya akan terjadi.

3. Mintalah Feedback

Feedback diperlukan untuk melihat respon dari semua pihak yang terlibat. Feedback juga untuk memastikan bahwa koordinasi yang kamu lakukan dapat dipahami dengan benar dan diterima. Hal ini untuk menjamin pelaksanaannya sesuai dengan yang diharapkan. Dan juga untuk melihat berbagai celah dan kekurangan yang mungkin masih ada, sehingga kamu masih bisa melakukan persiapan yang lebih matang.

4. Penegasan dan motivasi

Sangat penting sekali bagi kamu untuk mempertegas kembali segala yang telah disepakati ketika dilakukan koordinasi (rapat). Sehingga semua yang menjadi kesepakatan harus dapat diterima dan selanjutnya dilaksanakan dengan baik. Penegasan juga perlu dilakukan terhadap monitoring dan evaluasi yang akan dilakukan, sehingga setiap orang akan bekerja atau melakukan aktivitasnya dengan lebih terarah para pencapaian tujuan yang diharapkan. Selain itu, hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah pemimpin juga harus mampu memotivasi agar setiap pihak yakin dan terdorong untuk melaksanakannya. Hal ini juga meningkatkan rasa memiliki oleh setiap anggota, yang nantinya sangat berpengaruh terhadap kinerja setiap anggota tim dalam mencapai hasil yang maksimal.

5. Komunikasi informal juga perlu dibangun

Untuk meningkatkan efektivitas hasil koordinasi yang dilakukan, selain dilakukan monitoring, kamu sebagai pemimpin juga perluu melakukan komunikasi atau pendekatan yang bersifat informal (tidak dalam konteks rapat). Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan bonding kamu dengan tim. Membangun komunikasi informal akan membuat kamu dapat meningkatkan kepercayaan dan respect dari anggota tim sehingga mereka nyaman untuk bekerja sebagai tim dengan kamu. Komunikasi informal ini mungkin bisa kamu bangun dengan melakukan hangout bareng atau melakukan aktifitas have fun bareng.

Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat, selamat berjuang dan tetap berkarya!

 

Sumber

http://www.hipwee.com/

http://dheaandraa.blogspot.co.id/2013/05/cara-berorganisasi-yang-baik.html

https://ryanzzeka.wordpress.com/2014/11/20/hal-hal-penting-yang-dibutuhkan-untuk-membentuk-suatu-organisasi/comment-page-1/

https://erudisi.com/pentingnya-koordinasi-berorganisasi/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: